Selasa, 01 November 2011

Sejarah SDN Pekapuran Raya 3


Berawal dari pemberian tanah wakaf dari seorang tuan tanah yang memberikan tanahnya untuk di bangun Sekolah maka pada tahun 1977 dibangunlah dua buah sekolah dengan nama SDN Gangga Wangsa 1 dan SDN Gangga Wangsa 2 dalam satu lingkungan sekolah, setelah sekolah selesai dibangun dan telah siap digunakan serta gurunyapun sudah disiapkan akan tetapi muridnya tidak ada. Maka beberapa orang gurupun mendatangi rumah-rumah warga untuk mencari, siapa tahu ada anak-anak dari warga sekitar yang dalam usia sekolah tetapi masih belum sekolah. Maka di datangilah rumah-rumah warga tadi dan akhirnya yaa,,, adalah beberapa orang yang mau sekolah itupun orangnya besar-besar yang dikira-kira kalau sekarang ya kelas V atau VI lah, tapi tidak apa-apa asalkan anak tersebut mau sekolah.

Jalan yang menuju kesekolahpun pada waktu itu tidak ada jalan yang layak. ya terpaksalah guru dan muridnya berjalan menuju ke sekolah dengan jalan yang tidak semestinya tersebut untuk di jalani yaitu sangat becek, yang mana beceknya tersebut kira-kira hampir sampai lutut, tapi yang namanya untuk menuntut ilmu bagi muridnya dan untuk memberikan ilmu bagi gurunya dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa maka semua itu tidaklah menjadi masalah serta halangan dan rintangan bagi mereka.

Setelah beberapa lama maka dibangunkanlah rumah dinas untuk PSD dan kepala sekolah dan setelah beberapa tahun kemudian juga dibangunkanlah rumah dinas untuk guru sehingga sekolah tersebut bisa ada yang menjaga dan juga Kepala Sekolah, Guru, dan PSD tersebut tidak jauh lagi menuju ke sekolah tempat tugasnya walaupun tidak semua guru yang ada di situ tinggal di rumah dinas, namun itupun sudah cukup, maksudnya ya adalah yang datang lebih awal yaitu guru yang ada di rumah dinas tersebut, yaitu untuk mengawasi anak-anak yang datang lebih awal

Setelah beberapa tahun Nama SDN Gangga Wanggsa 1 dan SDN Gangga Wangsa 2 tadi di rubah namanya menjadi SDN Pekapuran Raya 3 dan SDN Pekapuran Raya 4 kemudian pada tahun 2002 diadakan penciutan sekolah yaitu SDN Pekapuran Raya 3 dan 4 dijadikan satu sekolah yaitu dengan nama SDN Pekapuran Raya 3 yang pada waktu awal penciutan tersebut langsung dipimpin oleh kepala sekolah Bapak Yuseran Yusuf, A.Ma.Pd sampai tahun 2007 akhir beliau dimutasikan ke SDN Pengambangan 9 dan pada awal tahun 2008 digantikan oleh Ibu HJ. Hairiah, A.Ma.Pd yang mana asalnya beliau ini dari SDN Pengambangan 8 dan beliau memimpin di SDN ini sampai sekarang.

Demikianlah sekelumit tentang sejarah SDN Pekapuran Raya 3 Banjarmasin yang mana penulis mendapatkan informasi dari beberapa guru yang lebih tua, tulisan saya ini pastilah tidak benar seratus persen dan karena itu apabila ada yang lebih tau tentang hal ini mohon saran dan komentarnya sehingga blog ini bias diperbaiki, mungkin itu saja dulu dari penulis lain kali kalau ada yang lebih mendetail lagi insya Allah akan kita tambah.



Wassalam

TTD

Penulis

1 komentar :

Agar sekolah kita menjadi lebih baik, alangkah bagusnya jika kamu memberikan saran/kritik untuk kami yang bisa ditulis di bawah ini...