Minggu, 09 Januari 2011

Standar Proses Belajar


Standar Proses Belajar
-       100 % ( 15 orang) pendidik pada sekolah kami memiliki/tidak memiliki silabus.
-       Silabus dikembangkan didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan KTSP.
-       Silabus mengarah pada pada pencapaian SKL
-       Silabus jarang dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.
-       80 % ( 12 orang ) pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program Tahunan.
-       100 % ( 15 orang ) pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
-       RPP dikaji setiap tahun.
-       RPP mencakup(Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar).
-       Sumber belajar yang tersedia (buku teks, buku pengayaan, buku referensi, perpustakaan
-       Buku teks tidak cukup untuk satu siswa satu buku.
-       Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu Panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber belajar lainnya
-       sebagian kecil guru kami memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
-       sebagian besar siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.
-       80 % (12 orang) pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang diapkannya.
-       Dalam proses pembelajaran 100 % (15 orang) pendidik menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan memotivasi peserta didik.
-       Dalam proses pembelajaran 60 % (9orang) pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif)
-       80 % (12 orang) pendidik mengelola kelas secara efektif. (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, memajang hasil karya siswa)
Perencanaan Proses Belajar
-       100 % (15 orang) pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada peserta didik.

Implementasi Proses Belajar

80 % pendidik menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya.
-          80 % (12orang) pendidik menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah
-          100% (15 orang) pendidik memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik.
-          100% (15orang) pendidik dalam proses pembelajaran selalu menciptakan hubungan baik antara pendidik dan peserta didik.
-          Semua peserta didik kami diperlakukan dengan hormat/baik dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama peserta didik
-          100% (15orang) pendidik selalu memberi penghargaan kepada siswa yang menunjukkan keberhasilan
-          Peserta didik dan para pendidik memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian.
-          100 % (15orang) pendidik selalu member penguatan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Agar sekolah kita menjadi lebih baik, alangkah bagusnya jika kamu memberikan saran/kritik untuk kami yang bisa ditulis di bawah ini...